Monday, April 8, 2013

Suplemen Untuk Bayi

Apa itu Suplemen Bayi dan Anak

Suplemen bisa juga disebut dengan zat pelengkap, seperti vitamin, multi vitamin, mineral, atau zat-zat bermanfaat lainnya yang fungsinya guna untuk menambah vitamin dan juga memperlancar metabolisme tubuh.
Suplemen untuk anak / bayi
Jadi suplemen bayi adalah zat pelengkap seperti vitamin dan zat penting lainnya yang bisa berguna untuk memperlancar metabolisme bayi, menambah vitamin atau zat-zat yang kurang dalam tubuh bayi, yang pada intinya supaya bayi menjadi lebih sehat.

Sebenarnya tidak semua bayi membutuhkan suplemen, hanya bayi-bayi yang mengalami kurang gizi tertentulah yang diberi suplemen khusus bayi. Namun demikian bayi sangatlah sensitif terhadap zat-zat yang masuk kedalam tubuhnya, hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh yang masih belum sempurna dan terus berkembang. Berkonsultasi dengan dokter spesialis anak sangatlah dianjurkan guna mengetahui kondisi sang anak dan juga supaya mendapatkan perawatan yang tepat atau mendapatkan info yang lengkap tentang perihal suplemen apa yang tepat untuk sang buah hati.

Namun apakah Anda tahu, anak atau bayi seperti apakah yang membuthkan suplemen bayi ? Berikut infonya :
  1. Anak atau bayi yang kurang gizi ( Malnutrisi)
  2. Anak dengan gangguan metabolisme tubuh
  3. Anak atau bayi yang baru sembuh dari sakit dan kondisi badannya belum pulih
  4. Anak atau bayi yang menderita penyakit yang kronis
  5. Anak yang susah makan, atau anak yang hanya doyan jenis makanan tertentu saja
Nah, Anda sekarang tahu anak atau tipe bayi yang seperti apakah yang mesti atau harus diberi suplemen, konsultasilah terlebih dahulu sebelum memberikan suplemen tertentu untuk anak guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Namun dibalik itu semua ada juga beberapa hal yang mesti Anda perhatikan yaitu, bahwa suplemen memang diciptakan supaya ketika masuk kedalam tubuh maka akan dengan mudah dan cepat terserap dalam tubuh. Jadi Anda jangan berpikir untuk menggantikan gizi yang didapat dari makanan dengan suplemen, karena jika kebiasaan diberi suplemen maka organ pencernaanya menjadi MANJA.

Buruknya adalah jika terlalu mementingkan suplemen bayi untuk memenuhi kebutuhan  gizi sikecil adalah organ pencernaan menjadi tidak terbiasa mengolah makanan yang sulit untuk dicerna seperti daging atau lainnya. Sehinnga organ menjadi bekerja lebih keras dalam mengolah makanan.

1 comment:

  1. Pernah dengar suplemen khusus untuk anak Tara Kid. Didalamnya bahkan hanya minyak ikan dan vitamin - vitamin saja. Bagus diberikan pada bayi mulai usia 0 tahun.

    ReplyDelete